M-NEWS
Sisi Religius Habibie yang Bisa menjadi Teladan
byMUGOS TEAM
16th, September 2019
Comment
news


Semua orang tahu jika seorang BJ Habibie dikenal luas sebagai seorang ilmuwan yang mempunyai pengaruh yang cukup luas. Pengaruhnya bahkan terdengar hingga keluar negeri. Di lain sisi, selain terkenal sebagai seorang ilmuwan dan teknokrat Habibie juga merupakan seorang yang religius. 

Sebagai seorang muslim, Presiden Republik Indonesia ke-3 ini tergolong taat menjalankan perintah agama dan juga menghargai agama dan juga kebudayaan lain berikut adalah sisi religius dari Habibie yang bisa dijadikan teladan :

Puasa Senin Kamis
Sebagai seorang muslim, Habibie dikenal tidak pernah meninggalkan ibadah wajib. Bahkan ibadah yang bersifat sunnah pun ia lakukan, salah satunya adalah puasa Senin Kamis. Walaupun sedang berpergian keluar negeri, Habibe tetap menjalankan ibadah puasa Senin Kamis nya.

"Beliau itu luar biasa. Saya salut puasa Senin-Kamis, walaupun kunjungan ke daerah ke luar negeri kayaknya belum pernah. Saya waktu itu ke Batam, jadi kalau Senin-Kamis tetap puasa," kata Pramusaji Istana, Asep Setiawan.

Rajin Tahlil
Semua orang tahu jika Habibie sangat mencintai istrinya, Hasri Ainun. Walaupun Ibu Ainun telah meninggal, cinta Habibie kepada istrinya tersebut tidaklah berkurang sedikitpun. Sebagai tanda cinta kepada mendiang istrinya, Habibie rajin melakukan tahlilan yang dialamatkan untuk istri tercinta nya.

"Tiap hari bapak itu tahlilan. Kalau pun bapak pulang malam, jam 12, jam 1 pasti dimulai dan tahlilan sampai tuntas," kata putra pertama mendiang BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, di TMP Kalibata.

Memilih Ilmu Agama
Dalam pidatonya di Kairo, Mesir, Habibie yang seorang ilmuwan pernah mengungkapkan sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan terkait ilmu agama.
"Saya diberi kenikmatan oleh Allah SWT ilmu teknologi sehingga saya bisa membuat pesawat terbang, tapi sekarang saya tahu bahwa ilmu agama lebih manfaat untuk umat Islam. Kalau saya disuruh milih antara keduanya, maka saya akan memilih ilmu agama," kata Habibie.

Paham Al Qur'an Sejak Kecil
Selain dikenal sebagai seorang ilmuwan, Habibie juga dikenal sebagai sosok yang menghargai agama maupun budaya lain. Habibie tak pernah ragu untuk mempelajari agama dan budaya orang lain, karena beliau percaya jika keimanan seseorang tidak memiliki batasan.

"Saya tidak pernah masuk pesantren, tidak pernah masuk organisasi Islam, tapi saya sudah baca dan pahami Alquran sejak kecil. Saya sekolah di Belanda, masuk sekolah yang kebanyakan agamanya Kristen. Saya juga baca kitab suci agama lain, sama orangtua saya enggak dilarang. Kenapa? Karena orangtua saya tahu, 'Habibie ini sudah cukup ngerti agama', jadi enggak masalah."