M-NEWS
Manfaat Minum Air Putih yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui
byMUGOS TEAM
21th, Juni 2021
Comment
news


Sebuah kejadian yang cukup menarik terjadi ketika mega bintang asal Portugal yakni Cristiano Ronaldo bersama dengan pelatih Fernando Santos mewakili timnas Portugal dalam sebuah sesi wawancara menjelang laga yang mempertemukan timnas Portugal melawan timnas Hongaria pada babak penyisihan Grup F, Euro 2021.

Sesaat sebelum sesi tanya jawab dengan awak media dimulai, Ronaldo secara sengaja menyingkirkan dua botol soda yang ada di depannya, setelah itu Ronaldo mengangkat botol air mineral dan berkata “minum lah air putih, bukan soda.”

Terlepas dari kejadian tersebut, sudah menjadi rahasia umum jika air putih memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Lantas apa saja manfaat yang
bisa kita dapat dengan meminum air putih? ikuti ulasan berikut :

Memotivasi dan Memaksimalkan Performa Tubuh


Gambar oleh AxxLC dari Pixabay 

Jika tubuh kita tidak terhidrasi dengan baik, maka masalah yang menanti adalah turunnya performa tubuh secara signifikan. Dehidrasi mungkin terdengar cukup sepele bagi sebagian orang, namun dehidrasi bisa menjadi sangat serius jika kita terus kehilangan kadar air di dalam tubuh kita sebanyak 2 persen. Akibatnya kita bisa kehilangan kontrol suhu tubuh, mengalami penurunan motivasi serta rasa lelah yang meningkat. Jika sudah demikian melakukan olahraga pun akan terasa sangat sulit baik itu fisik ataupun mental. Jadi ada baiknya mencegah itu terjadi dengan meminum lebih banyak air putih.

Mencegah Stres Oksidatif


Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay 

Jika kita rutin berolahraga dan rajin minum air putih kita bisa terhindar dari permasalahan stres oksidatif. Sekedar info, Stres oksidatif adalah sebuah kondisi dimana jumlah radikal bebas yang ada di dalam tubuh melebihi batas kemampuan tubuh untuk menetralkannya.

Di dalam literatur medis, stres oksidatif terbukti menjadi penyebab utama dari terjadinya proses penuaan dini. Lebih dari itu, stres oksidatif juga dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, hingga alzheimer. Meminum air putih dipercaya bisa mencegah terjadinya stres oksidatif.

Mencegah Penurunan Performa Otak


Gambar oleh silviarita dari Pixabay 

Mengutip dari heathline.com sebuah penelitian yang melibatkan wanita muda mengungkapkan jika kehilangan cairan tubuh sebanyak 1,4 % setelah berolahraga dapat mengganggu suasana hati dan juga pikiran. Sebuah penelitian yang dilakukan pada laki-laki muda mengungkapkan jika kehilangan cairan tubuh sebanyak 1,6 persen dipercaya bisa berdampak pada rusaknya memori kerja dan meningkatkan perasaan cemas.

Selain itu beberapa penelitian yang dilakukan di berbagai tempat di dunia mempercayai jika dehidrasi ringan dipercaya memiliki pengaruh terhadap turunnya performa dan fungsi otak. Terlebih kehilangan cairan tubuh sebanyak 1-3 % bisa terjadi melalui aktivitas normal yang kita lakukan sehari-hari.

Mencegah Hangover


Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay 

Mengacu pada efek serta gejala tidak menyenangkan yang terjadi setelah meminum alkohol, meminum air putih setelah meminum alkohol dipercaya bisa membantu mencegah terjadinya hangover. Perlu diketahui jika alkohol bersifat diuretik, dengan kata lain meminum alkohol bisa membuat kita kehilangan lebih banyak air daripada yang kita konsumsi dan hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Itu dia beberapa manfaat dan hal-hal yang bisa kita dapat dengan meminum segelas air putih. Karena meminum air putih tidaklah sulit ada baiknya jika dari sekarang kalian membiasakan untuk lebih banyak meminum air putih.