M-NEWS
Rilis Versi Beta, Clubhouse akan Segera Rilis di Clubhouse
byMUGOS TEAM
5th, Mei 2021
Comment
news


Awal tahun 2021 jagat dunia maya dikejutkan dengan kehadiran Clubhouse sebagai platform jejaring sosial media yang mengusung fitur interaksi menggunakan audio. Strategi yang diambil oleh Clubhouse tersebut memang terkesan cukup berani, meskipun mereka bukanlah yang pertama, mengedepankan fitur audio alih-alih menyuguhkan fitur untuk pamer visual bagi para penggunanya ternyata terbukti berhasil ‘mengatrol’ popularitas Clubhouse dalam waktu yang sangat singkat.


Sayangnya kehebohan yang diciptakan oleh Clubhouse tersebut tidak bisa langsung dinikmati oleh semua orang, pasalnya platform tersebut hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone, itupun dengan catatan mereka harus mendapat undangan terlebih dahulu, sedangkan mereka yang memilih menggunakan android hanya bisa mendengar keriuhan tersebut dari luar.

Tidak ingin kehilangan momentum karena terlalu lama mengeksklusifkan diri, Clubhouse yang memang sudah ditunggu kehadirannya di beranda android akhirnya bergerak cepat dengan mempersiapkan platform mereka agar bisa digunakan oleh para pengguna android.

Melalui sebuah postingan yang mereka unggah di Notion, Clubhouse mengumumkan jika saat ini mereka telah menciptakan versi beta untuk Android dan telah menunjuk beberapa orang untuk melakukan uji coba.

“Clubhouse di Android belum live, tapi kami telah meluncurkan versi beta kasar untuk beberapa penguji, jika kamu mendengar seseorang menggunakan Clubhouse di aplikasi android secara resmi, berikan mereka sambutan yang hangat, kami sudah tidak sabar untuk menyambut lebih banyak pengguna Android dalam beberapa minggu mendatang,” terang Clubhouse.

Namun belum diketahui apakah versi Android nantinya masih akan menggunakan fitur invite only atau Clubhouse memang akan dibuka untuk semua orang. Pastinya akan sangat menarik jika platform yang satu ini sampai rela menanggalkan fitur tersebut.

Lantas apa yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah Clubhouse cocok dengan kultur dan perilaku warganet tanah air? Mereka yang pandai mengolah kata jelas tidak akan memiliki kendala, tapi bagi mereka yang terbiasa menyusun kata melalui tombol keyboard jelas membutuhkan waktu lebih sebelum melontarkan argumen.

Tapi tenang saja, Clubhouse sejatinya diciptakan untuk mewadahi interaksi manusia di level selanjutnya dan konteksnya tidak seformal yang dibayangkan, kita masih bisa membawa ‘obrolan tongkrongan’ ke Clubhouse kok, selebihnya kita bisa menikmati segudang hal-hal baru dari mereka yang rela menjadi pembicara di platform tersebut, jadi sepertinya akan cukup menyenangkan. Bagaimana menurut Frentos?

Photo : William Krause on UInsplash