M-NEWS
Indonesia Bisa Catatkan Sejarah Baru Di Moto GP
byMUGOS TEAM
11th, September 2020
Comment
news


Dengan animo yang begitu tinggi dari publik tanah air, rasanya kurang lengkap jika ajang Moto GP di helat tanpa adanya kehadiran Indonesia di kalender tahunan mereka. Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan, jika legenda hidup sekelas Valentino Rossi saja menyukai atmosfer dari para pecinta Moto GP di Indonesia, rasanya tidak berlebihan jika kita berharap Moto GP bisa diselenggarakan di Indonesia. Menurut The Doctor Indonesia adalah salah satu negara yang paling ideal untuk menyelenggarakan ajang Moto GP.

Tingginya animo dari publik tanah air terhadap Moto GP memang bukanlah isapan jempol belaka, bahkan tim pabrikan sekelas Repsol Honda saja melakukan launching di Indonesia. Jika bukan karena antusiasme yang sangat tinggi, mana mungkin mereka mau melakukan hal tersebut, jadi tidak heran jika kata ‘Satu Hati’ sudah terpampang di motor mereka sejak era Casey Stoner.

Untuk menjawab hal tersebut, Indonesia pada akhirnya masuk dalam daftar kalender Moto GP tahun depan.  Mengacu pada jadwal Moto GP yang akan berlangsung tahun depan, seri Indonesia sendiri akan berada pada urutan ke-15, setelah seri Thailand dan sebelum seri Argentina, jika tidak ada perubahan jadwal, seri Indonesia seharusnya bisa di helat pada bulan Oktober 2020.



Foto via : cnnindonesia.com

Sedangkan untuk lokasinya akan bertempat di Lombok atau lebih tepatnya di Sirkuit Mandalika. Sirkuit yang memiliki panjang trek sekitar 4,31 km ini diperkirakan akan segera selasai pada pertengahan tahun depan.

Saat ini pembangunan sirkuit Mandalika masih terus berlangsung dan sedang memasuki proses pengaspalan. Jika berhasil diselesaikan dan benar-benar dipakai untuk ajang Moto GP, sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit pertama yang mengusung konsep sirkuit jalanan di ajang Moto GP.

Lazimnya konsep sirkuit jalanan atau street circuit hanya dipakai oleh ajang Formula 1, ajang balapan jet darat tersebut memang sudah lama menyelenggarakan balapan di sirkuit jalanan yang mana salah satunya diawali oleh sirkuit Monaco, lalu di susul dengan Marina Bay Street di Singapura dan yang terbaru ada sirkuit Baku di Azerbaijan. Sedangkan untuk Moto GP memang belum pernah menghelat balapan di sirkuit jalanan sebelumnya. Harapan untuk mewujudkan hal tersebut bisa terwujud dengan Sirkuit Mandalika di seri Indonesia tahun depan.

Pada akhirnya kita hanya bisa berharap tidak ada hambatan yang terjadi pada proses pembagunan sirkuit yang bisa menjadi ikon kebanggaan baru Indonesia tersebut, semoga kasus yang menimpa sirkuit Lippo yang gagal menghelat ajang A1 GP beberapa tahun yang lalu tidak kembali terulang. Bagaimana tanggapan kalian Frentos?

Foto via : bola