M-NEWS
7 Manfaat Positif dari Berjalan Kaki, Yakin Masih Mau Rebahan?
byMUGOS TEAM
22th, Oktober 2020
Comment
news


Beda negara biasanya akan beda pula kebiasaan orang-orangnya, dengan transportasi publik yang berbeda antara satu negara dengan yang lainnya, menjadikan pola aktivitas orang-orang di setiap negara berbeda satu sama lain. Bicara soal aktivitas, masyarakat di Indonesia sepertinya cenderung lebih suka menggunakan kendaraan bermotor untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari, meskipun terkesan wajar, penggunaan kendaraan bermotor yang berlebih biasanya akan berdampak pada berkurangnya jumlah langkah yang kita tempuh saat berjalan kaki, padahal berjalan kaki merupakan bentuk olahraga alternatif yang memiliki banyak dampak positif bagi tubuh kita khususnya untuk mereka yang tidak mempunyai waktu untuk berolahraga. Lalu apa saja sih manfaat dari berjalan kaki? Berikut kami sajikan beberapa dampak positif yang dihasilkan dari berjalan kaki :

1. Memperkuat Jantung

Berjalan kaki dipercaya memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan jantung kita, berjalan kaki selama 30 menit dipercaya bisa mengurangi risiko terkena jantung koroner hingga 19 persen, angka tersebut tentunya bisa bertambah jika kita menambahkan jarak tempuh dan durasinya, namun untuk menambah jarak tempuh ada baiknya dilakukan secara bertahap. 

2. Energi yang Meningkat

Jika kalian sering merasa lesu, ada baiknya jika kalian sering melakukan olahraga jalan kaki, selain bisa meningkatkan energi, berjalan kaki juga bisa mengurangi rasa stres, karena saat kita berjalan kaki aliran oksigen di tubuh kita akan meningkat. Selain itu kadar kortisol, epinefrin, dan noepinefrin juga akan mengalami peningkatan, ketiganya adalah kadar yang berfungsi untuk meningkatkan energi yang ada di dalam tubuh serta kadar yang menentukan tingkat kekebalan tubuh. 

3. Meningkatkan Kreativitas

Sebuah penelitian mengungkapkan jika ide kreatif lebih sering muncul jika dipikirkan sambil berjalan kaki, hal tersebut bisa lebih maksimal jika kita berjalan kaki di luar ruangan di tengah udara yang segar, hal ini disebabkan karena ide kreatif akan muncul jika suasana hati kita sedang positif, sedangkan suasana hati positif bisa didapat jika kita sering berjalan kaki.

4. Mencegah Depresi

Jika kita sering berjalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam sehari, kadar endorfin yang bekerja untuk membunuh rasa sakit akan mengalami peningkatan dan mengalir ke seluruh tubuh secara lebih maksimal, dengan demikian rasa cemas, suasana hati yang buruk, dan rasa stres akan berkurang, hal ini tentunya berbanding terbalik jika kita lebih sering duduk, karena lebih sering duduk akan meningkatkan kemungkinan perubahan suasana hati menjadi lebih buruk.

5. Fokus yang Meningkat

Berjalan kaki di pagi hari akan membantu kita untuk menjadi lebih fokus sepanjang hari, selain itu berjalan kaki di pagi hari akan membantu untuk menjernihkan mental, hal ini disebabkan karena suplai darah ke otak akan dipercepat dan jika dilakukan secara rutin akan berdampak pada menguatnya daya ingat.

6. Menurunnya Resiko Diabetes

Berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari juga dipercaya dapat meningkatkan kontrol terhadap gula darah, saat berjalan kaki sel-sel yang ada di dalam tubuh kita akan menggunakan kadar glukosa yang tidak terpakai, selain itu lemak yang tidak terpakai juga akan ikut terbakar ketika kita berjalan kaki.

7. Membakar Lemak

Mungkin banyak yang berpendapat jika berjalan kaki membuat kita jadi lebih lambat dan tidak produktif, faktanya sebagian ahli percaya jika berjalan selama 30 menit dalam sehari sama dengan menabung umur kita selama 2 menit, selain itu berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari akan membakar lemak kita sebanyak 3kg.

Foto via : Pixabay