M-NEWS
Terlalu Lama Depan Komputer, Ketahui 5 Dampak Kesehatannya
byMUGOS TEAM
15th, Oktober 2020
Comment
news


Atas nama efisiensi dan produktivitas, umat manusia saat ini telah memaksa diri mereka sendiri untuk bergantung kepada apa yang dinamakan dengan teknologi, salah satu perwujudan teknologi yang saat ini sering digunakan oleh manusia adalah komputer atau laptop.

Dengan fakta jika internet saat ini diakses oleh 3,4 miliar penduduk di dunia menjadikan angka penggunaan komputer dan laptop semakin meninggi setiap tahunnya. Namun tahukah Frentos jika terlalu lama menatap layar komputer ternyata memiliki efek samping tersendiri, apa saja efek samping tersebut? berikut kami sajikan daftarnya :

Menyebabkan Impotensi



Salah satu dampak yang paling berbahaya jika kita terlalu lama berada di depan layar komputer adalah timbulnya sebuah sindrom bernama Carpal Tunnel. Sindrom ini bisa terjadi jika pergelangan tangan kita terlalu lama di tekan yang biasanya ditandai dengan gejala sensasi kesemutan pada tangan yang jika dibiarkan bisa menyebabkan rasa sakit di daerah tangan, bahu, leher bahkan bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya yang bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya impotensi.

Gangguan Radiasi



Frentos pastinya pernah merasa pusing dan sakit kepala jika terlalu lama berada di depan komputer, hal tersebut sebenarnya disebabkan oleh paparan radiasi yang ditimbulkan dari layar komputer kalian, hal ini bahkan pernah di jelaskan pada sebuah jurnal karya Semseddin Gunduz. Untuk mengatasi masalah ini usahakan pilih layar komputer terbaik yang paparan radiasinya rendah.

Penyumbatan Paru Paru



Para peneliti percaya jika berada di depan layar waktu yang sangat lama dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada paru-paru atau Pulmonary Embolism hal ini biasanya ditandai oleh sesak napas dan rasa sakit pada bagian dada, untuk menanggulangi permasalahan ini usahakan kalian melakukan beberapa gerakan perenggangan otot dalam waktu berkala jika kalian harus menghabiskan banyak waktu berada di depan komputer, pastikan juga jika posisi duduk kalian sudah benar.

Depresi dan Stress



Berada di depan komputer dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan depresi dan stres jika kalian berada dalam suatu ruangan yang sirkulasi udaranya buruk, hal ini bisa diperparah jika kalian juga terpapar oleh polusi udara. Untuk mengatasi permasalahan ini pastikan jika ruangan kalian memiliki sirkulasi udara yang baik.

Sakit Punggung



Sebuah jurnal dari Marmara University School of Medicine mengatakan jika permasalahan umum yang terjadi pada pengguna komputer adalah sakit punggung, jurnal tersebut juga mengatakan jika 94% pengguna komputer dalam waktu yang lama mengalami masalah pada punggung mereka.

Itulah beberapa efek samping jika kalian terlalu lama berada di depan komputer, jika kalian harus menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama usahakan untuk sesekali beranjak dari meja komputer untuk melakukan perenggangan otot, jika sudah lelah jangan memaksakan untuk terus berada di depan komputer karena bagaimanapun juga kesehatan lebih penting dari apapun.

Foto via : Pixabay.com