M-NEWS
Jumlah Pengguna Signal Bertambah, Apakah Whatsapp Mulai Ditinggalkan?
byMUGOS TEAM
25th, Januari 2021
Comment
news


Beberapa waktu yang lalu aplikasi WhatsApp sedang diterpa isu tidak sedap terkait pembaruan kebijakan privasi baru yang akan mereka terapkan. Dari desas-desus yang beredar, kabarnya ada tindakan berbagi data yang dilakukan oleh WhatsApp ke Facebook yang berstatus sebagai pengembang.

Pihak Whatsapp sendiri sudah membantah hal tersebut dan mengatakan jika tidak ada tindakan berbagi data yang mereka lakukan dengan Facebook. Whatsapp juga menerangkan jika ada informasi salah yang sampai ke publik mengenai kebijakan baru yang akan mereka terapkan.

"Tidak ada perubahan dan berbagi data (WhatsApp) dengan Facebook di mana pun di dunia," terang Niamh Sweeney selaku Direktur kebijakan publik WhatsApp untuk Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Sweeney juga menerangkan jika pembaruan yang dilakukan oleh WhatsApp sebenarnya dilakukan untuk rangkaian fitur baru yang akan mereka terapkan pada akun WhatsApp Bussiness.

Sayangnya meskipun WhatsApp sudah berusaha sebisa mungkin untuk meyakinkan pengguna mereka jika tidak ada privasi yang mereka langgar, publik sepertinya sudah terlanjur ‘termakan’ oleh isu yang sudah beredar sebelumnya.

Kabarnya tidak sedikit pengguna Whatsapp yang akhirnya lebih memilih untuk meninggalkan aplikasi tersebut, isu ini semakin berhembus kencang ketika aplikasi serupa yakni Signal mendapat 7,5 juta pengguna dari total 500 juta pengguna di bulan Januari 2021.

Selain itu perusahaan analitik App Anie menerangkan jika WhatsApp yang tadinya merupakan aplikasi terpopuler kedelapan di Inggris turun ke posisi 23 per tanggal 12 Januari 2021 kemarin.

Whatsapp sendiri saat ini masih unggul jauh dari Signal jika menghitung dari jumlah angka penggunanya, diketahui jika WhatsApp memiliki 2 miliar pengguna dalam sekala golbal, sedangkan Signal memiliki 500 juta pengguna dan Telegram dengan 25 juta pengguna. Namun jika isu mengenai sharing data dengan Facebook tak kunjung reda, bukan tidak mungkin jika WhatsApp akan lebih banyak kehilangan banyak pengguna nantinya.


- Image by Webster2703 from Pixabay