M-NEWS
Ketika Ketidaksengajaan Membuahkan Hasil yang Luar Biasa
byMUGOS TEAM
25th, Januari 2021
Comment
news


Ada yang berkata jika kunci utama dalam memulai sebuah bisnis adalah memulai, sehebat apapun bisnis yang sudah direncanakan tidak akan menjadi apa-apa jika tidak dimulai. Meskipun demikian, sebagian orang mungkin akan berkata jika memulai sebuah bisnis itu tidak semudah membalikkan telapak tangan bukan? Anggapan tersebut memang benar, tapi percayalah ada banyak cara untuk memulai sebuah bisnis, karena terkadang pola pikir kita sendirilah yang membuat kita tak kunjung mengambil tindakan untuk memulai sebuah bisnis.

Tidak dapat dipungkiri jika sebuah bisnis yang baik tentunya membutuhkan persiapan yang baik juga, jika ingin berhasil di kemudian hari segala sesuatu memang perlu dipersiapkan dan juga direncanakan, seperti pepatah yang mengatakan ‘victory lies on preparation’. Tapi apalah arti persiapan jika tidak dibarengi dengan tindakan untuk memulai.

Itulah mengapa kunci kesuksesan sejatinya terletak dari tindakan untuk memulai sesuatu, pasalnya beberapa orang dan perusahaan ternama di dunia ada yang berhasil menemui kesuksesan dari sebuah ketidak sengajaan, siapa saja mereka? Berikut daftarnya :

Enzo Ferrari dan Ferrari


Enzo Ferrari | Photo via Wikipedia

Di tahun 1938, Enzo Ferrari adalah seorang pembalap yang bermimpi untuk menjadi seorang pembalap yang sukses, sayangnya impian Enzo tersebut menjadi kacau ketika perang dunia II meletus, Pemerintahan Italia kala itu memutuskan untuk menutup perusahaan mobil Alfa Romeo yang merupakan tempat Enzo bekerja dan membuat mobil yang ia gunakan untuk balapan.

Tak habis akal, dengan pengetahuan dan pengalaman yang ia miliki, Enzo akhirnya memutuskan untuk membuat mobilnya sendiri. Untuk mendukung karier balapannya, Enzo juga membuat mobil untuk dijual. Mobil buatan Enzo tersebut kelak dikenal dengan nama Ferrari, salah satu brand sport car yang paling prestisius di muka bumi saat ini.

Percy Spencer dan Microwave


Percy Spencer | Photo via : notednames

Di Amerika salah satu benda yang pasti akan ditemukan di setiap rumah adalah microwave, hampir semua rumah di Amerika pasti mempunyai microwave. Namun tahukah Frentos jika microwave ditemukan secara tidak sengaja oleh Percy Spencer.

Kala itu Percy Spencer hendak menciptakan alat untuk mendeteksi pesawat musuh di perang dunia II, Ketika sedang bereksperimen dengan alat yang ia hendak ciptakan tersebut tanpa sengaja gelombang mikro yang memancar dari alat tersebut melelehkan batang permen yang ada di sakunya. Alih alih panik, Percy malah penasaran dengan hal tersebut, ending-nya ia berhasil menemukan sebuah alat bernama Microwave dan berhasil mematenkan alat tersebut atas namanya sendiri. Sebuah kejadian unik yang menghasilkan happy ending bagi kehidupan Percy.

Hiroshi Yamauchi dan Nintendo


Hiroshi Yamauchi | Photo via : Wikipedia

Sudah berumur lebih dari satu abad, siapa yang menyangka jika perusahaan sekelas Nintendo dulunya hanya menjual kartu permainan sejenis kartu remi. Seiring dengan berjalannya waktu, citra bermain kartu perlahan jadi kurang baik di mata masyarakat Jepang. Hingga suatu ketika Presiden Hiroshi Yamauchi berkunjung ke rumah produksinya, saat itu ia mendapati salah seorang karyawannya sedang memainkan sebuah mainan berupa tangan mekanik buatan, Yamauchi yang melihat hal tersebut kemudian memerintahkan perusahaannya untuk menciptakan hal serupa dan mulai memproduksi mainan eletronik.

Kevin Plank dan Under Armor


Kevin Plank | Photo via celebritynetworth.com

Penemu apparel kenamaan di dunia, Under Armor yang bernama Kevin Plank dulunya adalah seorang pemain Football di Universitas Maryland, Plank yang frustasi karena harus mengenakan seragam tanding yang berat dan membuat badanya dipenuhi keringat akhirnya menciptakan kausnya sendiri yang setidaknya bisa tetap kering meskipun ia sedang dalam latihan berat. Setelah berhasil dengan temuannya tersebut, Plank mencoba untuk menjual kaosnya tersebut ke rekan satu timnya dan mendapat respon yang cukup baik, apa yang dilakukan oleh Plank selanjutnya adalah menjual kaosnya tersebut di mobil.

Setelah kaos ciptaannya mulai dikenal banyak orang, Plank mulai beralih dari yang tadinya menjual ke individu menjadi pemasok ke tim-tim olahraga. Tidak butuh waktu lama, dalam dua tahun bisnis yang awalnya di mulai untuk dirinya sendiri langsung berubah menjadi sebuah bisnis besar yang menghasilkan miliaran dolar.

Harry Coover – Super Glue


Harry Coover | Photo via : euroweeklynews.com

Harry Coover seorang kimiawan asal Amerika mungkin tidak akan menyangka jika ia berhasil menemukan sebuah produk lem yang saat ini dikenal secara luas dengan nama Super Glue. Harry pada awalnya hendak mengembangkan sebuah bahan yang akan digunakan untuk teropong plastik yang ada pada sebuah senapan, tanpa sengaja pengembangannya tersebut justru malah menghasilkan sebuah lem yang kelak dikenal dengan nama Super Glue. Pada tahun 1985 super glue menjadi sebuah produk komersial yang sangat populer hingga menghasilkan 2,5 miliar USD.

Alexander Fleming – Penicillin


Alexander Flemming | Photo via www.bbvaopenmind.com

Pada tahun 1928 seorang ahli biologi asal Skotlandia bernama Alexander Fleming pergi dengan meninggalkan piring kotor yang ada di laboratoriumnya, sekembalinya ia ke tempat tersebut, Fleming menemukan piring kotor tersebut sudah dipenuhi oleh bakteri dan jamur, dari kejadian tersebut Fleming menyadari jika jamur bisa membunuh bakteri yang ada di piring tersebut. Terima kasih kepada Fleming karena berkat pemikirannya tersebut kita akhirnya mempunyai sebuah antibiotik bernama Penicillin.