M-NEWS
5 Lagu Ini Memiliki Makna Tersembunyi di Dalam Liriknya
byMUGOS TEAM
8th, September 2020
Comment
news


Setiap musisi tentunya memiliki caranya masing-masing untuk menulis lagu, ada yang diambil dari kisah hidup mereka ada juga yang terinspirasi dari hal hal-hal yang bersifat spontan. Cara penulisannya pun berbeda, ada yang memakai kata-kata kiasan ada juga yang menggunakan bahasa lugas. Namun yang paling menarik adalah ada beberapa musisi yang memasukkan makna tersembunyi pada lagu mereka tulis. Apa saja lagu tersebut? Berikut adalah daftarnya :

Wake Me Up When September Ends



Jika melihat dari kisah yang ditampilkan pada video klipnya, kita mungkin akan berpikir jika lagu ini mengisahkan tentang seorang wanita yang menunggu sang kekasih pulang dari perang. Namun sebenarnya Billie Joe Amstrong menulis lagu ini ketika ia ditinggal meninggal oleh sang ayah saat usianya masih berumur 10 tahun. Saat ayahnya meninggal, Billie menangis di pemakaman lalu pergi mengunci diri di kamar, ketika sang ibu mengetuk pintunya, Billie berkata “wake me up when September ends.”

Pumped Up Kicks


Foto via : Billboard

Lagu dari Foster The People ini sebenarnya ditulis oleh Mark Foster untuk menyoroti tentang isu kekerasan senjata di kalangan anak muda yang diakibatkan oleh penyakit mental dengan harapan isu ini bisa mendapat perhatian lebih. Sayangnya nuansa lagu ini yang terkesan gembira dengan ketukan suara drum dan bass line yang terdengar catchy justru membuat lagu ini seolah lari dari makna aslinya.

More Than Words



Jika dilihat dari barisan lirik yang ada di lagu tersebut, kita mungkin berpikir jika lagu ini diciptakan sebagai sebuah ungkapan untuk meminta sesuatu yang lebih dari pasangan, namun menurut Nuno Bettencourt yang menulis lagu tersebut, lagu More Than Words tercipta karena kata I Love You mulai kehilangan makna karena terlalu sering diucapkan, oleh karena itu dibutuhkan sesuatu yang lebih dari sekedar kata-kata, apa coba?

Blackbirds


Foto via : sains.kompas.com

Jika kita mendengarkan lagu Blackbird yang dibawakan oleh The Beatles mungkin yang akan kita dapatkan adalah Lennon dan kawan-kawan yang sedang melakukan story telling tentang seekor burung hitam yang tidak dapat lagi terbang. Tapi ternyata Paul McCartney menciptakan lagu ini sebagai metaphor African-American yang kala itu masih sering menerima tindakan diskriminasi.

Every Breath You Take


Foto via : ig.ft.com

Kesan romantis mungkin akan Frentos dapat ketika mendengarkan salah satu lagu dari The Police yang satu ini, Tak heran jika lagu yang satu ini menjadi lagu yang paling sering diputar di berbagai acara pernikahan, namun jika memerhatikan lebih dalam barisan lirik yang ada di lagu tersebut, lagu ini sebenarnya di ambil dari sudut pandang seorang stalker yang begitu tergila-gila terhadap seorang pasangan.

Cover via Pinterest