M-NEWS
Hotel Gantung Tertinggi di Dunia Ini Ada di Purwakarta
byMUGOS TEAM
22th, November 2017
Comment


Wisata ekstrim masih jadi tren beberapa tahun belakangan. Bukan cuma kegiatan sesaat, tapi lokasi istirahat di medan yang bisa disebut berbahaya juga mulai dapat perhatian. Salah satunya adalah hotel gantung, yang sebelumnya cuma ada di Peru dengan ketinggian 122 meter.

Sekarang aktivitas luar ruangan alias outdoor nggak perlu lagi terlalu jauh karena Indonesia sudah punya hotel gantung yang diklaim jadi yang paling tinggi di dunia. Tepatnya di Badera Gunung Parang, Purwakarta.

Di sisi tebing gunung inilah terdapat kamar-kamar hotel dengan ketinggian 400-900 meter. Beberapa sleeping capsules terlihat menggantung di area hotel yang akan diberi Pajajaran Anyar ini. Mulai dibuat tahun 2014, lokasi ini digagas oleh Bupati Purwakarta dan masyarakat penggiat panjat tebing sekaligus operator via ferrata.

“Hotel gantung ini berada di ketinggian 400-900 meter, sepertinya di Asia belum ada. Hanya di Peru yang terkenal,” ujar Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta menguitp Kompas.

“Ide awalnya adalah kita ingin ada hunian atau penginapan di dinding Gunung Parang, dan setelah melihat dan mengkajinya ternyata ada contoh di Peru, maka kita ambil ide seperti di Peru dengan beberapa perbaikan desain,” ujar Dhani Daelami selaku penggagas operator  Badega Gunung Parang.

Nggak sembarangan, pembangunan sleeping capsules ini dibantu tim arsitek ARCTech dan profesional ahli yang mengkalkulasi bagian-bagian rumit antara desain dan kekuatan bangunan ini. Menurut traveler via Kompas, makan malam pun disantap langsung di ketinggian 500 meter itu.

Perjalanan cukup ekstrim menuju lokasi penginapan pun diklaim terbayar dengan pemandangan indah nan eksotis sepanjang prosesnya. Namun dengan briefing jelas dari pemandu dan pandai mengatur nafas serta konsentrasi, perjalanan menuju sleeping capsules di atas pun jadi menyenangkan.