M-NEWS
Kebobolan Pencurian Data, Pengguna Ramai-ramai Hapus Facebook
byMUGOS TEAM
11th, April 2018
Comment



Sekitar 87 juta data pengguna Facebook dibobol oleh perusahaan riset analis yang pernah dipakai Donald Trump sebagai konsulan politiknya dalam kampanye Pilpres AS tahun 2016 silam. Walaupun tujuan utamanya adalah menyasar pengguna Facebook di Amerika Serikat, nyatanya tindakan Cambridge Analityca ini juga telah merugikan lebih dari 1 juta data pengguna Facebook di Indonesia, Frentos!


Kejadian ini jelas dapat kecaman dari netizen baik di Indonesia, Amerika Serikat, bahkan seluruh dunia. Pengguna Facebook khawatir data mereka diperjualbelikan dan digunakan tanpa sepengetahuan pemilik akun. Sampai saat ini, penggunaan hashtag atau tagar #DeleteFacebook pun bermunculan di berbagai sosial media lainnya.


Tentu saja hal ini adalah respon yang lumrah, bagaimana tidak, persoalan keamanan data itu memang telah lama jadi sorotan bagi siapapun yang hidup di era informasi digital seperti sekarang ini.


Nah, kalau Frentos memiliki kekhawatiran yang sama akan pentingnya menjaga data pribadi kalian dari tindak kriminal pencurian data seperti yang terjadi di Facebook ini, silakan ikuti langkah-langkah antisipasi di bawah ini!


  1. Unduh semua data Facebook

Mungkin banyak yang belum tau kalau Facebook punya fitur untuk pengguna agar mereka bisa mengunduh dan mem-backup data pada akun masing-masing. Caranya: tekan tombol panah pada bagian pojok kanan atas untuk memunculkan menu, pilih “Setting”, klik “General Account Setting” lalu klik “Download a copy”.


  1. Ubah settingan privasi

Masih tetap di halaman setting, temukan tombol “Privacy”, lalu atur siapa saja yang dapat melihat profil kalian, Frentos. Kalian juga bisa mengatur siapa saja yang bisa ‘nge-add’, melihat daftar teman, hingga foto pribadi.


  1. Ubah settingan linimasa dan “tagging”

Masih seputar mengatur siapa saja yang bisa melihat aktifitas didalam akun kalian nih Frentos. Setting-an atau setelan linimasa dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat postingan kalian, sedangkan menu ‘tagging’tujuannya untuk membatasi siapa saja yang dapat menandai (tag) kalian di postingannya.


  1. Cek aplikasi pihak ketiga yang aktif

Kejadian bocornya berpuluh-puluh juta data di Facebook penyebabnya adalah aplikasi pihak ketiga nih Frentos. nah, karna itu kalian harus benar-benar teliti memeriksa aplikasi apa saja yang punya akses ke data pribadi kalian. Cek di menu “Apps” atau Aplikasi, dan periksalah kira-kira ada app yang mencurigakan atau tidak.


  1. Hapus Facebook Anda

Ini adalah pilihan terakhir dan teraman yang bisa kalian pilih kalau memang sudah mendapat dampak tidak baik dari kejadian kebocoran data ini, Frentos!