M-NEWS
Hari Musik Nasional
byMUGOS TEAM
9th, Maret 2018
Comment

Sebelum ikut-ikutan mengucapkan ‘Selamat Hari Musik Nasional’ di media sosial, ada baiknya Frentos pahami terlebih dalulu makna dibalik tanggal 9 Maret ini.


Tentu saja tanggal 9 Maret tidak dipilih secara sembarangan jadi Hari Musik Nasional, Frentos. Adapun latar belakang terpilihnya tanggal 9 Maret karena pada tanggal tersebut, telah lahir seorang composer besar Indonesia, bernama Wage Rudolf Supratman. Tentu saja sudah tidak asing kan dengan nama ini? Yap! Beliau adalah pencipta lagu kebangsaan kita, “Indonesia Raya”. Oh ya, lagu yang Ia ciptakan di kota bandung tersebut, ditulis saat usia WR Supratman masih terbilang cukup muda lho, Frentos! Yaitu 21 tahun.


Dilansir dari halaman Pikiran Rakyat, Ketua Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik RI (PAPPRI), Tantowi Yahya mengatakan dalam prosesnya penetapan Hari Musik Nasional telah melewati berbagai tahapan dengan melibatkan rezim pemerintahan yang berbeda-beda. Usulan pertama kali adanya Hari Musik Nasional muncul pada masa pemerintahan BJ Habibie, kemudian pencanangannya baru terealisasi pada masa kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri, dan akhirnya Hari Musik Nasional ditetapkan melalui Kepres Nomor 10 Tahun 2012 yang dikeluarkan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.


Nah, itu dia sejarah singkat tentang Hari Musik Nasional. Sekarang, apa sih yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda, dalam rangka mendukung kejayaan musik tanah air? Ini dia 3 hal yang perlu dan dapat kita lakukan, versi Mugos Team!


1. Beli Rilisan Fisik Musisi Tanah Air

Di era serba digital seperti sekarang ini memang rilisan fisik berupa CD apalagi Kaset mulai kehilangan tempat. Tapi kalau Frentos penggemar sejati, nggak ada salahnya mendukung musisi tanah air yang mengeluarkan rilisan fisik. Mungkin akan sedikit lebih sulit dinikmati ketimbang membeli lagu ataupun album secara digital, tapi keuntungannya adalah rilisan fisik bisa disimpan sebagai barang koleksi yang romantis untuk dikenang.


2. Beli lagu atau album secara digital di aplikasi resmi

Rasanya poin ke-2 ini gak perlu dijelaskan lebih jauh. Kalau ngaku dukung musik tanah air, artinya dilarang beli bajakan! Sudah paham? Bagussss!


3. Pakai Merchandise musisi yang asli dan resmi

Sesama musisi aja saling mendukung dengan cara beli dan pakai official merchandise musisi lainnya, seperti gambar di atasm Raisa mengenakan kaos Seringai, Frentos. Masa kalian engga? Pakai kaos band Indonesia gak kalah kece kok dengan band luar negri atau brand fashion kekinian lainnya!


Sudah lakukan 3 poin diatas? Mantap! Sekarang Frentos sudah sah jadi pendukung musik negri sendiri. Selamat Hari Musik Nasional!